Exmatek, Mahasiswa Teknokrat Pamerkan 120 Aneka Aplikasi Pemograman

BANDAR LAMPUNG (Lampungpro.co): Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia menggelar pameran karya teknologi bertajuk Expo Mahasiswa Teknokrat (Exmatek) di Gelanggang Mahasiswa M. Nasrullah Yusuf, Kamis (23/1/2020). Adapun karya yang dipamerkan berupa aplikasi Pemrograman Mobile, Pemrograman Web, dan Proyek Perangkat Lunak.

Adapun mahasiswa yang mengikuti pameran berasal dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Program Studi (Prodi) Informatika. Tercatat ada sekitar 120 tim, yang mengikuti kegiatan tersebut, dan melibatkan 457 mahasiswa.

Kepala Program Studi Informatika Dyah Ayu Megawaty mengatakan, kegiatan Exmatex ini merupakan agenda rutin tiap semesternya. Dimana kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan, untuk memunculkan kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan perangkat lunak. 

“Kegiatan Expo Mahasiswa Teknokrat (exmatek) III ini, diikuti oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Pemrograman Mobile, Pemrograman Web, dan Proyek Perangkat Lunak. Kegiatan Exmatek yang sudah memasuki session ke-3 ini diinisiasi oleh dua dosen Ade Surahman dan Sanromi. Selain itu, ada juga kategori desain UX dan desain x-banner, dan video," kata Dyah Ayu Megawaty.

Dalam expo tersebut, dipilih berbagai aplikasi terbaik dari berbagai kategori. Salah satu aplikasi yang terbaik dari kategori pemrograman mobile adalah, aplikasi POLIN (Poin Lingkungan). Dimana aplikasi yang dibuat Tim ZelpeDEV ini, merupakan aplikasi yang dibuat untuk mengubah kebiasaan buruk masyarakat, dalam membuang sampah sembarangan. 

"Cara kerja pada Aplikasi POLIN ini, dengan menfoto objek sampah tepat didepan tong sampahnya, lalu terdapat jenis dan deskripsi sampah yang harus diisi. Setelah dikirim aplikasi akan memberikan poin, dimana poin dapat ditukarkan dengan reward. Seperti topi, jaket, ataupun totebag. Untuk kedepannya akan ada reward lain seperti pulsa, dan juga uang tunai," ujar Dyah.

Kegiatan ini nantinya, dapat dijadikan patokan sejauh mana daya cipta mahasiswa di bidang teknologi informasi. Sebab diluar dugaan, banyak mahasiswa yang berpartisipasi dalam even ini. Sementara itu, dalam acara pembukaan Wakil Rektor I Mahathir Muhammad mengatakan, kegiatan Exmatek ini sangat membanggakan. Pasalnya di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, kreativitas di bidang teknologi informasi harus semakin ditingkatkan. 

"Kaum milenial jangan hanya bisa menjadi pengguna tetapi juga pencipta. Saya berharap, mahasiswa lebih meningkatkan lagi kualitas produk yang dihasilkannya. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengukur bagaimana kemampuan mereka sesungguhnya," kata Mahathir.

Mahathir memberi apresiasi kepada para program studi dan para dosen pengampu mata kuliah pemrograman dan perangkat lunak. Ia berharap kegiatan seperti ini lebih dimasifkan lagi, dengan melibatkan berbagai mata kuliah dari prodi yang ada di FTIK. 

Adapun para peraih aplikasi terbaik dalam hal ini Pemrograman Mobile secara berurutan diraih oleh ZelpeDEV, TREX, dan Code Warior. Proyek perangkat Lunak (CYP Team, Trash Hold, Sangber). Pemrograman Web (Wisataku, Team Clover, Geng Beng). X-Banner Terbaik (Microtech), Design UX terbaik (Fire Detector), Video terbaik (Otan Tech), Desain Baju Terbaik (BTS), Ide Terbaik (Baron), dan The Best Team (Bumbu Dapur). (FEBRI/PRO2)



#Teknokrat # Kampus Lampung # Sang Juara # Lampung
Berita Terkait
Ulasan